Loading

Banyak yang mengira overweight dan obesitas itu sama, nyatanya overweight dan obesitas itu berbeda. Overweight adalah kelebihan berat badan diatas normal, sedangkan obesitas adalah kadar lemak tubuh yang berlebihan dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit.

Faktor-faktor yang dapat mengakibatkan Obesitas

Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor terjadinya obesitas diantaranya:

  • Faktor keturunan atau genetik
http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/faktor-yang-menyebabkan-obesitas-salah-satunya-adalah-faktor-genetik
  • Efek samping obat-obatan
  • Kehamilan
  • Kurang tidur
  • Pertambahan usia
  • Penyakit atau masalah medis tertentu
  • Pola makan yang salah
http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/pola-makan-dan-pola-aktivitas-fisik-yang-menyebabkan-obesitas

Cara Mengatasi Obesitas

Yang bisa dilakukan apabila anda mengalami obesitas adalah :

  1. Merubah pola hidup menjadi lebih sehat

2. Konsultasi dengan tenaga medis

Dampak obesitas

Obesitas dapat berdampak secara sosial yang dimana mereka merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya, merasa penampilannya kurang menarik sehingga menarik diri dari pergaulan. Obesitas juga berdampak pada gerak tubuh yang lamban sehingga dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas kerja.

Selain berdampak pada sosial, obesitas juga berdampak pada kesehatan. Obesitas dapat menyebabkan risiko 2x lipat terjadinya serangan jantung koroner, stroke, diabetes mellitus, dan hipertensi, 3x lipat risiko terkena batu empedu, meningkatkan lemak darah dan asam urat. Selain menimbulkan berbagai macam penyakit, obesitas juga dapat mengakibatkan sumbatan nafas ketika sedang tidur.


by : Lia Rahma P

Leave a Comment

× Halo, Anda mau daftar Konsultasi Online?