Loading

Setelah berpesta daging pada Hari Raya Idul Adha anda pastinya khawatir dengan kadar kolestrol dan kenaikan tekanan darah anda, karena daging terkenal dengan kolestrol yang tinggi dan dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat apabila terlalu banyak mengkonsumsinya tanpa kita sadari. Jangan khawatir, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan-makanan berikut setelah anda berpesta daging setelah hari raya kemarin.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolestrol

Kolestrol adalah komponen esensial membran struktural semua sel dan merupakan komponen utama sel otak dan sel saraf. kolesterol merupakan bahan pembentukan sejumlah steroid penting seperti asam empedu, asam folat, hormon-hormon adrenal korteks, estrogen, androgen, dan progesteron.

Namun apabila jumlah kolesterol terlalu banyak didalam darah dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan yang dinamakan aterosklerosis, sedangkan penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah jantung dinamakan jantung koroner, dan penyempitan pada pembuluh darah otak dinamakan serebrovaskular.

Beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yaitu jeruk nipis, jambu biji, buah anggur, buah mangga, buah alpukat, minyak zaitun, jeruk lemon, buah tomat, semangka, apel, pir, buah pisang, buah strawberry, minyak ikan, ikan (banyak mengandung omega 3), kacang almond, kacang walnut, kunyit, kayu manis, cokelat, sayur bayam, bawang putih, teh hijau, kacang kedelai dan olahannya, seledri, beras merah, brokoli, oatmeal, jahe dan sayur buncis.

Makanan yang dapat menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Bagi anda yang khawatir dengan tekanan darah anda, anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini :

  • Buah :
    Alpukat, Mengkudu, Pisang, Kiwi, Jeruk, Blewah, Melon, Semangka, Anggur, Jambu biji, Blueberry, Belimbing
  • Sayur :
    Bayam, Bawang putih, Tomat, Buncis, Kentang, Seledri, Kedelai, Mentimun
  • Makanan yang baik lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah adalah Minyak Zaitun, Cokelat, Roti gandum, Oatmeal, dan Yogurt.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurunkan tekanan darah, sebaiknya menghindari makanan-makanan yang diawetkan, diasinkan, dan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, contohnya makanan kaleng, asinan, kulit ayam, jerohan, bumbu dapur yg mengandung natrium tinggi (kecap, terasi, petis, maggi, dan saos tomat).

Yah itu tadi adalah sebagian dari makanan-makanan penunjang yang dapat menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah, apabila anda memiliki riwayat kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi anda juga dapat mengkonsultasikannya dengan tenaga medis.

Leave a Comment

× Halo, Anda mau daftar Konsultasi Online?