Loading

Hallo sobat sehat, semoga kalian yang sedang baca ini dalam keadaan sehat selalu ya :).  Dalam memperingati World TB Day 24 Maret dengan tema ‘Invest to End TB. Save Lives’ yang artinya ‘Investasi untuk menghentikan TB. Menyelamatkan nyawa’. Melalui tulisan ini, kita mau kasih informasi nih buat kalian tentang apa aja sih investasi yang perlu dilakukan agar dapat menghentikan Penyakit Tuberkulosis.

Sebelumnya, yuk kita kenalan dulu apa itu Tuberkulosis, Tuberkulosis atau TBC merupakan  suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat menyerang organ, terutama paru-paru. Penyakit ini bila tidak diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga kematian.

Gejala pada Penyakit Tuberkulosis ini antara lain batuk berdahak selama dua minggu atau lebih; adapula yang disertai gejala tambahan yaitu batuk berdahak yang bercampur dengan darah (batuk darah); sesak nafas; badan lemas, perasaan lelah, kurang enak badan (malaise); nafsu makan menurun; berat badan menurun; berkeringat malam hari tanpa kegiatan fisik; dan demam meriang lebih dari satu bulan.

Untuk menghindari agar tidak terjadi penyakit tuberculosis, yuk lakukan gaya hidup sehat dengan cara konsumsi makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuka jendela rumah agar mendapatkan cukup sinar matahri dan udara segar, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/hari, melakukan imunisasi BCG untuk anak usia dibawah 5 tahun agar terhindar dari TB berat, menjemur alas kasur agar tidak lembab dan tidak merokok.

Nah artikel singkat diatas merupakan sekilas informasi mengenai tuberkulosis, yuk sobat sehat semua mari kita lakukan gaya hidup sehat sebagai investasi agar dapat mencegah terjadinya penyakit tuberkulosis dan dapat segera menghentikan penyakit TB ini menuju zero tuberkulosis.

Leave a Comment

× Halo, Anda mau daftar Konsultasi Online?