Loading

Dapet info scroll sosmed ada kasus sampai merenggut nyawa cuma gara-gara gak pernah ngelakuin medical check up, emang sepenting itukah perlu medical check up. Tubuh sih masih kelihatan sehat, tapi ngelihat info tadi bikin pingin tau kesehatan diri sendiri. Pengen bisa medical check up rutin. Tapi jadwal kerjaan padet banget, sampai kayak gak bisa diganggu.

Dengar cerita teman kantor soal keluarganya yang gak pernah medical check up penyakitnya sekarang macam-macam. Banyak banget juga teman kantor yang nyaranin buat ambil beberapa hari cuti, biar bisa medical check up . Akhirnya kuputuskan untuk mengambil beberapa hari cuti, demi medical check up. Setelah melakukan medical check up, ternyata hasil yang keluar tidak begitu parah hanya saja kaget. Dokter hanya menyarankan agar tetap rutin melakukan medical check up, karena bisa mempengaruhi kinerja pekerjaanku kedepannya. Dokter konsultasi juga memberikan obat, untuk mencegah agar tidak bertambah parah penyakit yang ada pada tubuhku ini.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh jika kita melakukan medical check up antara lain kita dapat melakukan pencegahan awal dalam deteksi dini penyakit yang terjadi dalam tubuh. Menurut Kemenkes RI, terdapat beberapa macam pemeriksaan umum yang perlu dilakukan

Pemeriksaan Kolesterol

Mengkonsumsi berbagai macam makanan berlemak dapat mengakibatkan terjadinya kolesterol. Kolesterol yang tinggi mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit. Seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol dikatakan normal jika berada pada tingkat dibawah 200 mg/dL. Terdapat beberapa macam tes kolesterol seperti dijelaskan pada gambar

Pemeriksaan Gula (diabetes)

Melakukan pemeriksaan gula terdapat beberapa prosedur yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan berpuasa minimal 8 jam sebelum pemeriksaan. Dikatakan hasil tes “Normal” jika kadar gula darah kurang dari 100.

Pemeriksaan fungsi paru 

Memeriksakan fungsi paru dilakukan untuk mendiagnosa apakah terjadi gangguan pada paru-paru tubuh atau tidak. Normalnya orang dewasa bernafas sebanyak 16-20 kali dalam kurun waktu semenit.

Pemeriksaan Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB)

Melakukan pemeriksaan berat badan dan tinggi badan dapat dilakukan dengan menentukan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT). Pengecekan IMT dapat dilakukan dengan menghitung rumus sebagai berikut

Pemeriksaan Cek Tekanan Darah

Melakukan pemeriksaan cek tekanan darah dapat mendeteksi dini risiko hipertensi, stroke dan juga penyakit jantung. Dikatakan “normal” apabila nilai yang diperoleh dibawah 140/90 mmHg.

Buat kalian yang belum pernah melakukan medical check up, belajar peka dan sayang sama tubuh yuk dan segera lakukan medical check up, agar dapat melakukan deteksi dini pada tubuh kita.

Leave a Comment

× Halo, Anda mau daftar Konsultasi Online?